Prodi S1 FISIKA UMLA dan ASIA UNIVERSITY Melakukan Pertukaran Pelajar

Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prodi S1 Fisika Universitas Muhammadiyah Lamongan mengirim sejumlah Mahasiswanya dan Dosen untuk ikut dalam pertukaran pelajar asing. Kerjasama ini dilakukan bersama Asia University, Taiwan. 2 Mahasiswa dan 2 Dosen diikutkan dalam program Virtual Exchange Program to Asia University Taiwan. Pertukaran pelajar ini dilakukan secara virtual yakni, Asia University 2021 Summer Programs, yang dilakukan selama 2 minggu.

Program ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk merasakan program pembelajaran di kampus lain, menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi, serta sebagai ajang untuk pertukaran budaya. Juga pengalaman baru soal ilmu pengetahuan dan dapat memperluas perspektif mereka baik dalam segi pengetahuan maupun softskil. Hal yang sama juga untuk para Dosen yang mengikuti juga program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan belajar mengajar dan mejadi motivasi baru. Pada Student Exchange ini, mahasiswa bisa memiliki pengalaman kuliah di kampus lain terutama luar negeri dan meningkatkan kapasitasnya demi pembangunan Indonesia yang lebih maju.

Disisi lain, kegiatan tersebut dalam upaya menambah wawasan mahasiswa tentang dunia luar dan budaya negara lain. Kemudian juga untuk memperbaiki kemampuan bahasa asing serta memperluas kesempatan untuk diterima kuliah atau bekerja di luar negeri. Adapun 2 mahasiswa tersebut antara lain Andik Rifqi Prasetio dan Masria Musfiana dan 2 Dosen yaitu, Uswatun Chasanah, M.Si. dan Muktamar Cholifah Aisiyah, M.Si. Program yang diikuti adalah Creative and Cultural Industry, Artificial Intelligence dan Web Design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *