Program Studi S1 Fisika dikukuhkan bersamaan dengan pendirian Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 880/KPT/I/2018. UMLA merupakan penggabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Lamongan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Paciran-Lamongan. Pada saat berdiri UMLA memiliki empat Fakultas yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta memiliki 14 (empat belas) Program Studi. Program Studi S1 Fisika berada di bawah Fakultas Sains dan Teknologi Bersama dengan Program Studi S1 Biologi dan Program Studi S1 Teknik Komputer.

Melalui Surat Keputusan Rektor Nomor: 0018/KEP/III.AU/2019 Fakultas Sains dan Teknologi digabung dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi satu fakultas baru yaitu Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP). FSTP menaungi empat program studi yaitu: Program Studi S1 Biologi, Program Studi S1 Fisika, Program Studi S1 Tkenik Komputer dan Program Studi S1 PGSD. Sebagai bagian dari institusi Pendidikan tinggi yang sedang berkembang, FSTP UMLA berkewajiban untuk mengembangkan keilmuan bersifat multidisipliner agar mampu menanggapi dan mengantisipasi percepatan perubahan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat.

Fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Pada program studi ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya. Sebagai contoh, dalam fisika dipelajari tentang gelombang, sifatnya, perilaku gelombang, dan contoh dalam peristiwa sehari-hari, misalnya: mengapa hanya dengan thermometer gun yang di arahkan di dahi dapat menunjukkan ukuran suhu tubuh manusia. Masih banyak lagi peristiwa sehari-hari yang dapat ditinjau dari sisi fisisnya dan kemudian dikaji dengan menarik

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dalam rangka mengantisipasi dinamika kebutuhan masyarakat, maka Program Studi S1 Fisika telah berkomitmen untuk melakukan peninjauan kurikulum secara berkala yaitu empat tahun sekali.