25 Apr

Summer Course Fisika Medis 2024 IndoQCT dan IndoseCT untuk Kualitas Gambar CT dan Pengukuran Dosimetri

Summer Course Fisika Medis 2024

IndoQCT dan IndoseCT untuk Kualitas Gambar CT dan Pengukuran Dosimetri

 

Summer Course Fisika Medis 2024 diselenggarakan oleh Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Summer Course merupakan kegiatan online selama tujuh hari yang akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengukuran kualitas gambar tomografi komputer menggunakan perangkat lunak IndoQCT dan IndoseCT. Selain itu, kinerja kualitasnya juga dibandingkan dengan pengukuran dosis untuk memastikan protokol pemindaian tomografi komputer (CT) masa depan yang optimal. Secara singkat, kursus musim panas akan mencakup berbagai keterampilan pengukuran praktis sebagai berikut: volume indeks dosis tomografi terkomputasi (CTDIvol), estimasi dosis spesifik ukuran (SSDE), dosimetri untuk CT dengan teknik modulasi arus tabung (TCM), konsistensi nomor CT, CT keseragaman dan homogenitas angka, linearitas angka CT, citra derau dan spektrum daya derau (NPS), resolusi spasial (pengamatan visual, fungsi transfer modulasi (MTF), dan fungsi transfer tugas (TTF)), kemampuan deteksi kontras rendah (LCD), irisan ketebalan, penyelarasan CT, kemiringan antry, dan kualitas gambar tingkat lanjut pada gambar pasien klinis.

Tentang Indosect ( indosect.com )

IndoseCT adalah perangkat lunak untuk menghitung dan mengatur dosis radiasi pasien yang menjalani pemeriksaan CT. Ini tidak hanya menghitung dosis keluaran radiasi mesin CT (dalam CTDIvol), tetapi juga dosis individu yang diterima oleh setiap pasien (dalam SSDE) baik berdasarkan diameter efektif (Deff) atau diameter setara air (Dw ). Software ini juga dapat menghitung keluaran radiasi dan dosis pasien untuk CT yang dilengkapi dengan teknik TCM. IndoseCT telah tercatat dalam Surat Pendaftaran Ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kementerian Hukum dan HAM), Republik Indonesia, Nomor 000217029, pada 12 Agustus 2020.

Hingga tahun 2011, dosis CT telah dikarakterisasi dengan CTDIvol, sedangkan metrik tersebut hanya mampu mengukur keluaran radiasi CT. Nilai CTDIvol dipengaruhi oleh hampir seluruh parameter masukan, seperti tegangan tabung (kVp), arus tabung (mA), waktu putaran (s), pitch, lebar kolimasi, dan lain-lain. Sejak diperkenalkan, telah dicatat bahwa CTDIvol tidak dimaksudkan untuk menunjukkan dosis radiasi yang diterima pasien. Hal ini karena dosis dalam setiap pemindai dipengaruhi tidak hanya oleh keluaran radiasi dari mesin CT tetapi juga oleh karakteristik pasien yang menjalani pemeriksaan, seperti ukuran pasien dan komposisi bagian tubuh yang diperiksa. Untuk mengukur dosis radiasi pasien, metrik SSDE baru diperkenalkan.

Perangkat lunak IndoseCT memperkirakan dosis radiasi secara langsung untuk setiap pasien menggunakan gambar pasien atau dengan memasukkan data pasien secara manual. IndoseCT juga dapat digunakan untuk memperkirakan dosis organ dan dosis efektif. Dosis efektif adalah dosis yang biasa digunakan untuk memperkirakan risiko berkembangnya kanker di kemudian hari berdasarkan pemeriksaan CT. IndoseCT juga dilengkapi dengan alat untuk menyimpan data dosimetri pasien dalam database. Dari database tersebut, perangkat lunak dapat menganalisis data dosimetri pasien dan menampilkan grafiknya dengan mudah sehingga menjadi informasi yang berguna untuk optimalisasi dosis penggunaan radiasi pengion bagi pemangku kepentingan, baik bagi fisikawan medis, dokter radiologi, manajemen rumah sakit, maupun badan pengatur.

Tentang IndoQCT

IndoQCT adalah software untuk mengukur kualitas gambar CT secara otomatis. IndoQCT dapat mengukur banyak parameter kualitas CT (baik secara manual maupun otomatis), antara lain nomor CT (akurasi, keseragaman, homogenitas, dan linieritas), noise gambar (toleransi, keseragaman, dan NPS), resolusi spasial (visual, MTF berdasarkan titik, MTF berdasarkan tepi, dan TTF), ketebalan irisan, resolusi kontras rendah (visual, kontras terhadap noiseration (CNR), perhitungan statistik LCD), penyelarasan CT, kemiringan gantry, akurasi jarak, dan akurasi jarak antar irisan. IndoQCT dapat mengukur parameter kualitas CT dari beberapa jenis phantom yang tersedia di pasaran, seperti phantom kinerja CT AAPM, phantom akreditasi ACR CT, phantom CatPhan, dan phantom yang dipasok oleh vendor CT (GE, Siemens, Philips, dan Toshiba). Selain itu, beberapa parameter kualitas CT dapat diukur langsung dari gambaran klinis pasien, seperti nomor CT, noise gambar, LCD, resolusi spasial, dan kesejajaran.

Dengan IndoQCT, berbagai parameter kualitas gambar dapat diatur dan kemudian dideteksi baik secara manual maupun otomatis menggunakan komputasi phantom. Hal ini berguna terutama untuk tujuan pendidikan untuk memberikan gambaran langsung kepada siswa. Beberapa filter untuk meredam kebisingan telah dilengkapi di IndoQCT, seperti adaptive mean filter (AMF),selective mean filter (SMF), bilateral filter (BF), non-local mean filter (NLM), dan lain-lain. Selain itu, fitur tambahan juga disertakan, seperti mengubah ukuran gambar, memutar gambar, dan menggeser gambar. Fitur menarik yang tidak terdapat pada software lain, di IndoseCT dapat dilakukan multi-windows blending, sehingga 2 atau 3 window dapat ditampilkan dalam satu gambar dalam bentuk warna (merah-hijau-biru).

Program

Summer course akan dilaksanakan secara online pada tanggal 22 – 30 Juli 2024 menggunakan aplikasi Zoom Meeting . Empat belas topik akan dibawakan oleh:

Choirul Anam, Ph.D, Universitas Diponegoro, Indonesia

Pandji Triadyaksa PhD, Universitas Diponegoro, Indonesia

Noor Diyana Osman PhD, Universitas Sains Malaysia, Malaysia

Mustapha Alhaji Barde PhD, Universitas Bayero Kano, Nigeria

Setiap hari, dua sesi, masing-masing 100 menit, dijadwalkan. Agenda kursus selengkapnya tercantum pada informasi di bawah ini:

Biaya dan Pendaftaran

  • Kursus musim panas ini gratis untuk Mahasiswa dan Peneliti Internasional dan Nasional dan hanya menerima peserta dalam jumlah terbatas.
  • Proses penerimaannya dimulai pada tanggal 1 April – 15 Juli 2024 atau hingga jumlah peserta terpenuhi.
  • Mahasiswa internasional (sarjana dan pascasarjana) silakan mendaftar menggunakan link pendaftaran yang tersedia di: admisi.undip.ac.id
  • Mahasiswa dan Peneliti/Akademisi Nasional (seluruh dunia) silakan mendaftar menggunakan tautan pendaftaran yang tersedia di: https://bit.ly/medphys2024

Detail Kontak

Pertanyaan mengenai Summer Course dan proses pendaftarannya dapat ditujukan kepada Koordinator Summer Course, Pandji Triadyaksa Ph.D, di p.triadyaksa@fisika.fsm.undip.ac.id