02 Dec

Fishcential lulur dari ekstrak sisik Ikan meremajakan kulit lolos pendanaan PKM

Lamongan–Mempunyai kulit halus dan kencang merupakan dambaan banyak orang. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) tergabung dalam Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari lintas prodi. Ketua tim PKM Rohmatul Badiyah (S1 Fisika), menjelaskan tim PKM yang dipimpinnya beranggotakan lintas prodi. Yakni prodi fisika dan prodi teknik komputer. Anggota PKM adalah Hidayatin Sholikha (S1 Teknik Komputer), Latifatun Nur Aini (S1 Fisika), dan Rieke Dwi Ayuni. Mereka dalam pelaksanaan PKM didampingi Dosen pembimbing Uswatun Chasanah, M.Si.

Judul yang diusung juga menarik yakni Fishcential : Inovasi Lulur Bubuk Berbasis Ekstrak Sisik Ikan (Oreochromis niloticus) Kaya Akan Kolagen Untuk Mencerahkan dan Meremajakan Kulit. Secara umum Rohmatul Badiyah menjelaskan bahwa PKM ini tentang bagaimana menggunakan lulur kulit yang aman dengan menggunakan bahan alami. Dari sinilah muncul ide membuat lulur dari sisik ikan mujaer (nila). Sebab sisik ikan mujaer mengandung kolagen yang tinggi serta banyak dibuang oleh masyarakat.

Untuk menjadi lulur kulit, lanjut Rohmatul Badiyah sisik ikan tersebut melalui proses pengolahan ekstraksi asam asetat untuk menghasilkan kolegan. Kolagen ini kemudian  dikeringkan lantas dicampur ke lulur. Bukan itu saja termasuk proses pembuangan protein  yang tidak diperlukan.

Nah kolagen ini dicampur dengan lulur yang berbahan dari beras, tepung ketan, daun jeruk, daun pandan, dan kunyit sebanyak 250 gram sementara kolagen ikannya sebesar 50 gram.

Nah dari proses ekstraksi dan tahapan pengolahan yang sangat steril ini Rohmatul Badiyah menjamin yang menggunakan lulur kolagen sisik ikan ini tidak akan mengalami alergi atau semisalnya. Bahkan langsung bhisa merasakan manfaatnya kulit halus dan tampak lebih muda.