02 Dec

Pacar Tea untuk mengatasi masalah kewanitaan lolos Pendanaan Program Kreatif Mahasiswa yang dilaksanakan KEMENRISTEKDIKTI

Lamongan- Siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan pacar air?? Tumbuhan ini sering kita jumpai di sekitar tempat tinggal kita. Hal ini menjadi pemicu Ketua Tim PKM Prodi Fisika UMLA, Dwi Indah Setiyo Pratiwi (Indah) bersama anggotanya Nur Afni Octavia, Dini Makrufah, Alifatus Zahro, dan Siti Aisa melakukan inovasi daun pacar sebagai minuman untuk mengatasi masalah kewanitaan.

Pacar air (bahasa LatinImpatiens balsamina L.) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.(wikipedia)

Indah bersama anggota timnya mengusung judul Pacar Tea Inovasi Teh Daun Pacar Air Sebagai Alternatif Solusi Masalah Kewanitaan. Konsepnya inovasi PKM UMLA ini sangat sederhana yaitu daun pacar air dirajang sesuai ukuran yang ditentukan kemudian dikeringkan lantas dikemas sedemikian rupa seperti the celup pada umumnya. Inovasi ini termasuk teh organik disebabkan tanaman pacar air yang digunakan merupakan tanaman herbal memiliki manfaat farmakologis  diantaranya mengobati keputihan (leucorrhoea), nyeri haid (dysmenorrhoea), mengurangi rasa nyeri (analgesik).