02 Dec

Prestasi Gemilang! BUANG-IN Pengelolaan Sampah Berbasis Aplikasi Himpunan Mahasiswa Fisika UMLA mendapat pendanaan PPK ORMAWA 2023

Lamongan- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Fisika Lamongan (Himasika) Program Studi S1 Fisika menorehkan prestasi tingkat nasional. Prestasi membanggakan tersebut disampaikan Ketua Program Studi S1 Fisika UMLA, Aris Widodo, M.Si.

Menurut Aris  prestasi dimaksud terkait lolos pendanaan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Kemendikkbudristek. Program PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek. Melalui program ini mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat.

Kata Aris tim PPK Ormawa Himasika terdiri dari 15 mahasiswa S1 Fisika UMLA dan satu dosen pembimbing atas nama Muktamar Cholifah Aisiyah, M.Si.  Tim PPK Ormawa Himasika mengangkat topik Bank Sampah Digital dengan judul Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Aplikasi Buang-In Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Widang Kabupaten Tuban.

Menurut Aris setelah melalui tahapan-tahapan dan proses seleksi tingkat internal, hingga tahap seleksi substansi nasional akhirnya tim PPK Ormawa Fisika UMLA menjadi salah satu dari empat tim yang dinyatakan lolos tahap presentasi, dan menjadi salah satu dari dua tim yang berhasil lolos pendanaan bersama tim UKM Kewirausahaan UMLA.

Dana yang diperoleh total senilai tiga puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh empat ribu rupiah dari Kemendikbudristek serta dari universitas.

“Alhamdulillah segala puji syukur hanya pada Allah atas lolosnya tim PPK Ormawa Himasika ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas usaha dan kinerja yang sudah dilakukan semua anggota tim dan seluruh dosen fisika sehingga bisa sampai di tahap pendanaan ini,” ucap syukur Aris.

Aris mengungkapkan program studi S1 Fisika merupakan program studi baru, harapannya ini merupakan batu loncatan untuk terus menggapai prestasi di tingkat nasional dan merupakan media promosi kepada calon mahasiswa baru dan masyarakat di sekitar Kabupaten Lamongan.

Dirinya tidak menduga jika tim Himasika lolos pendanaan PPK. Sekali lagi Aris mengucapkan terima kasih kepada teman-temannya, dosen pendamping Muktamar Cholifah Aisiyah yang sudah membantu dalam penyusunan proposal dan dukungannya.

Kata Aris tempat pelaksanaan PPK Ormawa UKM HIMASIKA berada di Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Desa Widang mengalami permasalahan dalam pengelolaan sampah beberapa tahun terakhir yang mengakibatkan masalah pencemaran lingkungan. Harapannya Tim PPK Ormawa Himasika dapat mengatasi permasalahan sampah dan masyarakat Desa Widang. Sehingga warga Widang  dapat menerima manfaat ekonomis dari hasil pengelolaan sampah.